Emir Qatar

Daftar Emir Qatar
Emir Qatar adalah anggota dinasti Al-Thani. Qatar didirikan pada tahun 1868 oleh Muhammad bin Thani. Keluarga Al-Thani merupakan keturunan Tammin.

Berikut adalah daftar Emir Qatar:
Sheikh Muhammad bin Thani (1868 — 1878)
Sheikh Jasim bin Muhammad Al-Thani (1876 — 1913)
Sheikh 'Abdu'llah bin Qasim Al-Thani ((1913 — 1949)
Sheikh 'Ali bin 'Abdu'llah Al-Thani (1949 — 1960)
Sheikh Ahmad ibn 'Ali Al Thani (1960 — 1972)
Sheikh Khalifa bin Hamad Al Thani (1972 — 1995)
Sheikh Hamad ibn Khalifa Al Thani (1995 — sekarang)

Hamad bin Khalifa al-Tsani
Hamad bin Khalifa bersama George W. Bush pada 8 Mei 2003
----------
Sheikh Hamad bin Khalifa al-Tsani (bahasa Arab: حمد بن خليفة آل ثاني) (lahir 1950 di Doha, Qatar) adalah Emir Qatar saat ini. Ia berasal dari keluarga Al-Tsani.Ia lulus dari Royal Military Academy Sandhurst (Inggris) tahun 1971. Ia melakukan kudeta tahun 1995 ketika ayahnya, Emir Khalifa bin Hamad al-Tsani) berada di Jenewa (Swiss) untuk memulai proses modernisasi di negerinya.
Ia dikenal oleh dunia barat karena sifatnya yang sering membantu keuangan jaringan televisi Al Jazeera. Time menyebutnya sebagai bidan kelahiran Al-Jazeera. Pada pertengahan 1990-an, saat siaran BBC World dalam bahasa Arab yang didanai sejumlah investor di Arab Saudi mengalami masalah sensor pemberitaan dengan pemerintah setempat. Setelah ditutupnya BBC Arab, ia memboyong sejumlah jurnalis Arab untuk menyeberang ke teluk.Dengan dana US$ 150 juta, ia mendirikan stasiun televisi berbahasa Arab. Ia pun mendapuk sepupunya, Syekh Hamad bin Thamir al-Tsani untuk memimpin. Ia memang membutuhkan media untuk membawa angin perubahan di negerinya. Pamor Al-Jazeera kian dikenal selepas serangan 11 September 2001 dan menjadi satu-satunya media elektronik di dunia yang menyiarkan rekaman pernyataan Usamah bin Ladin.Karena itu, Hamad sering dikritik pemerintahan Amerika Serikat membantu pihak musuh ketika perang Irak dan intifada Palestina.
Walaupun demikian Syekh Hamad merupakan sekutu penting Amerika Serikat di Timur Tengah. Qatar juga disebut sebagai kampusnya universitas-universitas Amerika Serikat di Timur Tengah dalam sebuah proyek dari Yayasan Qatar yang disebut Kota Pendidikan yang dijalankan oleh istri Emir, Syaikha Muzah binti Nassir al-Missnad. Orang yang menjadi penerus dari Emir Hamad adalah Sheikh Tamim bin Hamad al-Tsani, anaknya yang keempat.
pranala luar
Denver Post article on His Highness Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani and his rise to power
official site of His Highness Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani
official site of Her Highness Sheikha Mozah Bint Nasser Al-Missned
link to portrait of His Highness Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani (First link on the Fourth row of thumbnails)
Stargate Photo of Sheikh Hamad Bin Khalifa's yacht no. 1
Constellation Photo of Sheikh Hamad Bin Khalifa's yacht no. 2